DENDY PRIMANANDI 's BLOG




Nama                : Dendy Primanandi (Nanang Banjar 2011)
Alamat               : Jl. Kacapiring 3 No. 13, Banjarmasin
Pekerjaan          : Mahasiswa Teknik Lingkungan Unlam
No. Telpon        : 08981182011
Tema Komentar : Tropi ADIPURA semakin jauh dari Kota Banjarmasin


    Program ADIPURA adalah salah satu  program yang direncanakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup untuk membantu Pemerintah Daerah, dalam hal ini Kota dan Kabupaten serta Propinsi, meningkatkan kemampuannya dalam pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya.

    Salah satu sasaran program ADIPURA adalah menciptakan kota yang cerdas, manusiawi, dan ekologis. Dengan semakin ketatnya kriteria yang diberikan serta adanya mekanisme pemantauan baru, semua pembenahan terhadap titik pantau harus terus dilakukan oleh berbagai pihak, seperti jalan umum, pemukiman, sekolah-sekolah, perkantoran, rumah sakit, pasar, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pasar, terminal, jalan-jalan kolektor, taman kota, hutan kota, dan sebagainya. Selain itu, seiring perkembangannya, penilaian dalam program Adipura ini juga meliputi non fisik seperti penilaian terhadap pencemaran udara, pengendalian air, dan ketersediaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).
     Kita melihat, hampir dimana-mana sekarang semakin lengkap adanya tempat-tempat sampah yang disediakan. Tetapi mengapa hal ini tidak terlalu ditanggapi oleh masyarakat kita khususnya di Kota Banjarmasin ?
    Mereka seperti tidak peduli dengan hal tersebut, terkadang masih suka membuang sampah sembarangan. Memang hal ini sepertinya bagi sebagian orang sepele. Satu orang saja mungkin belum apa-apa. Tetapi jika setiap orang dengan populasi penduduk yang cukup banyak di Kota ini melakukan hal serupa, maka tinggal dikalikan saja dampaknya seiring waktu bagi pencemaran lingkungan.
    Sebenarnya, tujuan dari pelaksanaan program ADIPURA ini tidak dilakukan semata hanya untuk mendapatkan peringkat ataupun penghargaan bagi suatu kota/kabupaten saja, tetapi bagaimana dengan adanya program ini akan mampu meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk lebih mencintai lingkungannya.
    Untuk itu peran serta seluruh komponen masyarakat merupakan kontribusi yang sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan serta memelihara lingkungan, agar ciri khas Banjarmasin BUNGAS (Bersih, Unggul, Nyaman, Gagah, Aman, Serasi) dapat terpenuhi dan program kebersihan ADIPURA akan tercapai.
    Dengan lingkungan yang bersih, maka sektor kebudayaan dan pariwisata suatu daerah pun juga akan meningkat.

Categories:

Leave a Reply